LOGO
PT Karya Sehati Utama

Gedung Karya Sehati,
komplek Grand Cupuwatu,
Jl. Solo km.11,8 Kalasan
Yogyakarta

Email Sekarang

karyasehatiutama@gmail.com

Kontak Kantor & Hotline
0274-496-777 | 0821 3444 4360

TIPS MENGAWASI ANAK SAAT MENGGUNAKAN GADGET

TIPS MENGAWASI ANAK SAAT MENGGUNAKAN GADGET
21
Oct
  • admin
  • 21/October/2020

1. Menentukan Waktu Penggunaan Gadget

Waktu interaksi anak dengan perangkat digital, termasuk aktivitas nonton TV, disebut bergantung dengan usianya. Berikut rekomendasi dari American Academy of Pediatrics:

- Lahir - 18 bulan: sama sekali jangan berhubungan dengan layar gadget, termasuk TV. Satu-satunya pengecualian yang disarankan adalah ketika sesi video call dengan kerabat dekat.

- 2 - 5 tahun: anak di rentang usia tersebut disarankan tidak menghabiskan lebih dari 1 jam dalam melototi layar gadget, termasuk smartphone, TV, tablet, dan komputer.

- Di atas 6 tahun: buat anak di atas umur tersebut, pengaturan waktu dalam berinteraksi dengan perangkat digital pun diperlukan, para spesialis umumnya menyarankan maksimal 2 jam per hari. Gadget juga ditegaskan tak boleh merampas waktu anak dari jam tidur, aktivitas fisik, dan aktivitas lain yang diperlukan buat tumbuh-kembang anak.

2. Jangan Memberi Akses Penuh Terhadap Gadget

Letakkan Televisi dan Komputer di ruang keluarga. Sehingga setiap anak menggunakannya, mereka tidak sendirian dan masih dalam pengawasan anggota keluarga lainnya. Selain itu, untuk gawai atau perangkat mobile sebaiknya tidak diserahkan pada anak sepenuhnya. Biarkan anak meminta izin terlebih dahulu jika ingin menggunakannya, dan ambil kembali setelah selesai.

3. Memberi Pendampingan Saat Anak Memakai Gadget

Gadget pada dasarnya punya banyak hal positif. Sebagai orang tua, salah satu peran yang dapat Anda lakukan adalah jangan bosan memberikan pendampingan mengenai dunia digital yang juga bisa menjadi tempat menggali ilmu. Secara bersamaan, Anda juga bisa memberikan petuah bahwa penggunaan gadget yang berlebihan pun tidaklah baik.

4. Bersikap Tegas

Kecanduan bisa membuat anak mengamuk jika perangkat kesayangannya ini diambil. Tapi orang tua harus tetap tegas untuk menerapkan peraturan yang baru dibuat untuk membatasi waktu main gadget. Jangan sampai iba dengan rengekan anak yang ingin terus main gadget atau smartphone.

Anak butuh waktu untuk terlepas dari gadget. Namun mengurangi waktu bermain gadget pada anak tidak boleh secara mendadak tapi lakukan secara perlahan. Sehingga orang tua tetap perlu bersikap bijak.

5. Membatasi Akses Konten

Disebutkan bahwa sampai anak-anak berusia 9 tahun, akses mereka ke internet masih harus sepenuhnya dikendalikan orang tua. Akan lebih baik memprioritaskan program-program pendidikan dan situs yang bisa membantu pertumbuhan beragam skill anak. Terkait itu, tentu sebisa mungkin anak jangan dibiarkan begitu saja memakai gadget untuk mengakses konten, seperti game, bernuansa kekerasan.

6. Memberikan Saran Yang Tepat

Para orang tua disarankan agar tidak sekadar melarang anak-anak memakai gadget tetapi cuma minta mereka melakukan aktivitas lain tanpa memberikan pilihan lebih lanjut. Bergantung pada usia dan minat anak, akan lebih baik jika orang tua juga dapat memberikan saran aktivitas menarik lain yang dapat dilakukan bersama-sama seperti berolahraga, hiking, atau memancing.